Skip to main content
Sudah Lakukan Uji Coba, 5G XL Axiata Siap Dukung Kesuksesan MotoGP Mandalika
Share
Titik-titik akses layanan 5G XL Axiata ini berada di seputar sirkuit, persisnya di area yang antara lain menjadi lokasi berkumpulnya penonton, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP Mandalika. Akses ke layanan ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Jakarta, 18 Februari 2022. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan segera menghadirkan layanan 5G di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan di lapangan agar layanan data dan internet super cepat ini bisa hadir mendukung gelaran balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022, baik untuk tujuan 5G Experience maupun 5G Showcase. Salah satu tahap persiapan yang sudah berlangsung adalah uji coba  5G XL Axiata secara terbatas di lapangan, yaitu pada 12 Februari 2022, dengan hasil yang cukup memuaskan

 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Uji coba 5G XL Axiata sudah kami laksanakan pada 12 Februari kemarin, pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika. Uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan. Hasilnya cukup memuaskan sementara ini, dimana tidak ditemukan adanya gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G. Semua hal terkait proses uji coba, termasuk hasilnya, telah kami laporkan kepada Kominfo.”

 

Gede melanjutkan, guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Sirkuit Mandalika. Untuk dapat menikmati layanan 5G XL Axiata ini, maka pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

 

Rencananya, akan ada beberapa titik strategis layanan 5G XL Axiata yang bisa diakses secara gratis oleh pelanggan di seputar sirkuit. Titik-titik akses ini berada di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP village, tribun penonton serta lokasi strategis lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP. Akses ke layanan 5G ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

 

Sementara itu untuk keperluan 5G Showcase atau pameran 5G, XL Axiata akan menghadirkan use case 5G immersive games and experience seperti Motorbike Augmented Reality (AR), 360 Degree Camera Live Broadcasting, dan 5G experience lainnya.

 

Melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G diantaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

 

Peningkatan jaringan di seluruh Lombok

 

Selain layanan 5G, XL Axiata juga melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok. Saat ini, layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. 

 

Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata telah menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO.  Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data. XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

 

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1  BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada. Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

 

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

  • Infrastructure & Network