Lompat ke isi utama
… …
Sistem Whistleblowing

Panduan Speak Up

Saluran Speak Up

Jika anda mengetahui atau memiliki dugaan terkait tindakan illegal, perilaku yang tidak etis atau memiliki informasi mengenai tindakan mencurigakan anda dapat menggunakan saluran Speak Up untuk menyampaikan laporan anda. Saluran Speak Up dapat digunakan oleh karyawan, pemasok, rekan bisnis, kontraktor, pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

Saluran Pelaporan

Saluran Speak Up dapat diakses melalui website, telepon dan aplikasi seluler yang dapat diakses selama 24 jam sehari dalam seminggu dengan cara sebagai berikut:

 

Jenis - Jenis Isu

Isu yang dapat laporkan adalah yang terkait dengan area-area sebagai berikut:

  • Pembukuan, pengendalian interen, audit atau IT
  • Anti persaingan usaha
  • Pelanggaran kebijakan perusahaan atau hukum negara
  • Korupsi dan penyuapan
  • Kerahasiaan data atau privasi
  • Konflik kepentingan
  • Penipuan dan penggelapan
  • Hadiah, jamuan dan jasa pelayanan
  • Pelecehan dan pelanggaran seksual
  • Kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan
  • Malpraktik 
  • Penyalahgunaan Kekuasaan/Otoritas
  • Pencucian Uang
  • Komunikasi Sosial maupun Bisnis
  • Penggunaan Narkotika dan Obat-obatan terlarang
  • Pencurian maupun Penyalahgunaan Aset
  • Lingkungan kerja dan karyawan
  • Balas Dendam karena Speaking Up

 

Perlindungan bagi Pelapor

Pelapor akan dijamin kerahasiaan identitasnya dan dilindungi dari ancaman siapapun dalam bentuk apapun yang mungkin akan timbul kepada pelapor.

Manajemen Pelaporan

Ketika pelaporan diterima melalui web, telepon atau aplikasi mobile, pelapor akan menerima nomor kasus dan kata kunci. Expolink kemudian akan mengarahkannya laporan tersebut kepada tim investigasi grup Axiata yang akan memeriksa laporan dan menentukan tindak lanjutnya. Jika laporan anda membutuhkan proses penyidikan maka penyidik yang ditunjuk dapat berasal dari Grup Axiata, PT XL Axiata atau pihak luar yang ditunjuk.

Umpan Balik Pelaporan

Dengan nomor kasus dan kata kunci, pelapor dapat kembali mengakses saluran Speak Up dan menerima pembaruan informasi (termasuk penyelesaian / penutupan penyidikan).