Lompat ke isi utama
… …
Process Excellence

Kinerja XL Axiata yang solid dan konsisten merupakan refleksi dari komitmen kami pada praktik terbaik Good Corporate Governance (GCG). Implementasi GCG yang berkesinambungan dalam XL Axiata telah membangun bisnis yang efektif, transparan dan mendorong kepatuhan pada peraturan perundangan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal ini adalah dengan digitalisasi GCG, di mana XL Axiata merupakan yang pertama menerapkannya. Dalam pertemuan Dewan Komisaris dan Direksi, serta pertemuan-pertemuan dengan para pemangku kepentingan lainnya, kami menggunakan pendaftaran secara daring, menggunakan kode QR untuk mendapatkan materi rapat, dan menggunakan video untuk memfasilitasi pertemuan dengan pemangku kepentingan yang berada di luar negeri.

Aplikasi Cara Kerja Digital
XL Axiata menerapkan transformasi digital dalam tata kelola dengan mengimplementasikan berbagai program dan aplikasi untuk kelancaran, efisiensi dan monitoring proses tata kelola dengan baik dan akurat. Program ini diimplementasikan ke dalam berbagai kegiatan. Pertama, XL Axiata mengimplementasikan sistem pengadaan barang/jasa yang terintegrasi secara digital dan proses penagihan yang diberi nama COUPA. Fungsi COUPA antara lain membuat permintaan pengadaan, PR/PO (Purchase Request/Purchase Order), pengajuan invoice, baik untuk transaksi PO maupun non-PO. Selain itu, kami juga menggunakan Video Conference sebagai transformasi digital yang penting untuk memfasilitasi pekerjaan dan pengambilan keputusan yang berjalan dengan baik, terutama selama pandemi. Kami juga mengotomatisasi penggunaan listrik di ruang pertemuan sebagai upaya kami untuk penghematan energi dan biaya.
Privasi dan Keamanan Data Konsumen yang Mutakhir
Sebagai perusahaan yang mengumpulkan informasi pribadi pelanggan, kami menyadari bahwa menjaga privasi pelanggan menjadi topik yang sangat penting. Kami menerapkan berbagai strategi dan pencegahan untuk memastikan keamanan data pelanggan. Dengan demikian kami dapat mempertahankan kepercayaan mereka dan meluaskan basis pelanggan XL Axiata. XL Axiata menerapkan ISO 27001 mengenai Information Security Management System (ISMS). Sertifikasi ini menjadi bukti kemampuan kami untuk merencanakan, mengelola, mengkaji, dan meningkatkan upaya mengamankan informasi dalam perusahaan yang berkaitan dengan data pelanggan. Dedikasi kami untuk mematuhi regulasi terkait privasi pelanggan, membuahkan hasil yang baik, sehingga XL Axiata tidak pernah menerima pengaduan terkait pelanggaran privasi pelanggan.
Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik
Kinerja XL Axiata yang solid dan konsisten merupakan refleksi dari komitmen kami pada praktik terbaik Good Corporate Governance (GCG). Komitmen kami terhadap kepatuhan pada GCG diakui di tingkat ASEAN. XL Axiata secara konsisten mendapatkan penilaian tinggi pada Asean Corporate Governance Scorecard (ACGS). Pada bulan Juni 2020, ACGS mengumumkan bahwa XL Axiata masuk dalam 10 besar perusahaan di Indonesia yang termasuk dalam 2019 ASEAN Asset Class untuk tata kelola terbaik. Sebagai sebuah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, XL Axiata menerapkan GCG berdasarkan UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseoran Terbatas. Selain itu, XL Axiata menerapkan UU No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal. Kami juga menaati berbagai peraturan yang dikeluarkan oleh OJK dan Bursa Efek Indonesia.
Etika dan Kepatuhan Terbaik
XL Axiata menetapkan kode etik sebagai bagian yang integral dari peraturan perusahaan. Kode etik ini sangat dibutuhkan mengingat komitmen XL Axiata untuk meningkatkan integritas setiap karyawan dalam menerapkan praktik terbaik dari GCG. Kode etik ini mengatur perilaku dan prosedur etis dalam pelaksanaan kegiatan bisnis perusahaan dengan cara menegakkan perilaku yang profesional. XL Axiata membuka sarana menyampaian informasi penting terkait pelanggaran kode etik perusahaan, termasuk korupsi dan fraud. Mekanisme ini dibangun untuk mengedepankan integritas dan transparansi, demi kepentingan perusahaan dan kenyamanan seluruh karyawan serta pihak yang bekerja sama dengan XL Axiata. Sejalan dengan etika perusahaan yang mengedepankan uncompromising integrity, XL Axiata melakukan berbagai upaya untuk mencegah korupsi dan fraud. Kami berkomitmen penuh untuk patuh pada peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia mengenai pemberantasan korupsi. Hal ini ditetapkan untuk mencegah kerugian dan menjaga kelangsungan perusahaan. XL Axiata memiliki kebijakan Zero Receiving, yaitu larangan untuk menerima atau meminta segala bentuk komisi dan/atau bentuk imbalan lainnya secara langsung maupun tidak langsung