… …

5G Adalah Koneksi jaringan telekomunikasi termutakhir dengan berbagai kemampuan yang tidak dapat dipenuhi oleh Jaringan LTE saat ini. Teknologi 5G memiliki berbagai kelebihan lain yang memungkinkan pemanfaatan teknologi ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan individu, tetapi juga industri.

Keuntungan Jaringan 5G

… …

Kapasitas Jaringan Lebih Besar

… …

Latensi Lebih Baik

… …
Cek Status Ponsel Kamu
Ketik tipe ponsel kamu yang menggunakan kartu prabayar XL, AXIS atau kartu pascabayar XL Prioritas.
FAQ

1. Apa itu Jaringan 5G XL ?

Jaringan 5G XL adalah implementasi teknologi seluler generasi kelima dengan beberapa potensi pengembangan use case yang dapat dinikmati pelanggan yang telah menggunakan smartphone 5G yang sudah mendukung jaringan 5G XL di cakupan area khusus. Layanan 5G XL ini di implementasikan dengan memanfaatkan eksisting spektrum XL Axiata pada band 1800Mhz dan 2100Mhz lewat implementasi feature Dynamic Spectrum Sharing yang memungkinkan penggunaan spectrum bersama antara layanan 4G LTE dan 5G.


2. Apakah perbedaan antara jaringan 5G dan 4G ?

5G adalah teknologi seluler yang merupakan evolusi dari Teknologi 4G LTE. Ada beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh 5G diantaranya data rate (kecepatan data) lebih cepat, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G. Dalam implementasinya 5G membutuhkan ekosistem penunjang diantaranya ketersediaan spectrum, infrastruktur, device dan use case. Saat ini dengan keterbatasan spektrum yang ada untuk memperkenalkan 5G kepada masyarakat salah satu opsi yang dapat dilakukan operator adalah melalui implementasi Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Tentu saja implementasi DSS ini tidak dapat memberikan pengalaman yang sama dengan 5G yang menggunakan spektrum khusus, akan tetapi diharapkan 5G DSS dapat membuka jalan untuk realisasi pengalaman 5G yang sesungguhnya di Indonesia.


3. Apakah hadirnya jaringan 5G XL Axiata maka akan mempengaruhi kualitas dan kecepatan jaringan 4G XL Axiata?

Performa 4G LTE masih menjadi prioritas kami saat ini. Dalam implementasi 5G DSS ini, kami tetap mengutamakan kualitas layanan 4G yang saat ini masih secara massive digunakan oleh pelanggan. Implementasi 5G DSS masih dilakukan pada scope dan area yang terbatas, sambil kami terus memantau demand masyarakat kedepannya.


4. Seberapa kuatkah sinyal 5G XL Axiata ?

Saat ini 5G XL Axiata baru tersedia di spot-spot terbatas. Pelanggan yang telah menggunakan smartphone 5G yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata di cakupan area khusus ini dapat menikmati layanan 5G.


5. Apa sajakah keuntungan 5G XL Axiata ?

  • Latensi yang lebih baik daripada 4G, sehingga mampu membuat koneksi menjadi lebih responsif.
  • Jumlah koneksi yang lebih banyak, sehingga dapat membuka lebih banyak peluang use case-use case IoT

6. Apakah ada perbedaan ketika melakukan telepon, SMS, maupun layanan VoLTE dengan menggunakan layanan 5G ?

Tidak ada perbedaan, pelanggan tetap dapat melakukan telepon, SMS, dan VoLTE seperti yang saat ini berjalan.


7. Apakah penggunaan jaringan 5G membuat konsumsi baterai smartphone jadi lebih boros ?

Salah satu keuntungan yang dijanjikan 5G adalah konsumsi power yang lebih rendah. Akan tetapi hal ini sangat bergantung pada aktifitas penggunaan smartphone itu sendiri.


8. Bagaimana cara menikmati layanan 5G XL Axiata ?

Layanan 5G saat ini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan tertentu baik pelanggan prabayar (XL & AXIS) maupun pelanggan pascabayar (XL Prioritas) yang sudah memenuhi kriteria berikut:

  • tidak ada requirement khusus untuk simcard, selama Kartu SIM yang digunakan telah mensupport jaringan 4G LTE saat ini (USIM), maka dapat dipastikan SIM tersebut dapat digunakan pada jaringan 5G
  • Menggunakan tipe smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata.
  • Berada di area yang terjangkau layanan 5G XL Axiata
  • Perangkat sudah diaktifkan untuk masuk ke jaringan 5G

9. Bagaimana saya tahu jika sudah terhubung ke jaringan 5G XL Axiata ?

Pelanggan dapat mengetahui melalui sinyal bar dilayar smartphone yang menunjukan logo 5G.


10. Bagaimana saya mengaktifkan profil 5G XL Axiata ?

Saat ini layanan 5G XL Axiata masih tersedia di ruang lingkup terbatas yaitu pelanggan harus berada di area yang sudah memiliki jangkauan 5G XL Axiata dan menggunakan device yang mendukung 5G XL Axiata dan dipastikan kalau perangkat pengguna sudah di set 5G preferred. Selama pelanggan memenuhi kriteria tersebut maka pelanggan akan secara otomatis dapat merasakan layanan 5G XL Axiata. Anda dapat mengunjungi website https://www.xlaxiata.co.id/id/5g untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai 5G XL.


11. Apa yang terjadi jika pelanggan tidak mau pindah ke layanan 5G ?

Pelanggan yang tidak mau menggunakan layanan 5G dapat menonaktifkan mobile setting 5G dari perangkat pelanggan.


12. Apakah saya perlu mengganti SIM card saya untuk menggunakan jaringan 5G XL Axiata ?

Tidak ada requirement khusus untuk simcard, selama Kartu SIM yang digunakan telah mensupport jaringan 4G LTE saat ini (USIM), maka dapat dipastikan SIM tersebut dapat digunakan pada jaringan 5G.


13. Bagaimana cara mengecek SIM card dan cara mengganti menjadi USIM ?

Untuk pengecekan USIM bisa melalui menu "check kartu" di *123*817#. Sedangkan jika pelanggan belum menggunakan USIM maka pelanggan dapat melakukan penggantian upgrade kartu melalui


14. Dimana saja lokasi yang tercakup oleh jaringan 5G XL Axiata?

  1. XLC Axiata Tower
  2. XLC Martadinata Bandung
  3. XLC Adi Sucipto Jogjakarta
  4. XLC Pemuda Surabaya
  5. XLC Diponegoro Medan
  6. XLC Pettarani Makassar
  7. XLC Ahmad Yani Banjarmasin
  8. XLC Sunset Road Denpasar
  9. XLC Palembang
  10. XLC Pekanbaru
  11. XLC Ciputra World Kuningan Jakarta
  12. XLC Central Park Jakarta
  13. XLC Bintaro Xchange
  14. Sebagian jalan Margonda Raya Depok
  15. Area Gedung Sate Kota Bandung

15. Kenapa perumahan saya tidak termasuk kedalam cakupan jaringan 5G XL Axiata ?

XL Axiata secara bertahap akan terus melakukan penambahan cakupan layanan 5G. XL Axiata berkomitmen agar jaringan 5G  bisa di nikmati seluruh pelanggan XL Axiata di Indonesia. Kunjungi website https://www.xlaxiata.co.id/id/5g untuk mengetahui cakupan layanan 5G terbaru. Silahkan salurkan saran Anda melalui [email protected] untuk menjadi pertimbangan dalam pengembangan ke depannya.


16. Perangkat apa saja yang sudah mendukung layanan 5G XL Axiata ?

Saat ini perangkat yang mendukung layanan 5G XL saat ini ada 13 device (lihat: list 5G Device XL). XL Axiata terus bekerja sama dengan penyedia perangkat untuk secara bertahap melakukan penambahan perangkat yang mendukung layanan 5G XL.


17. Bagaimana jika pelanggan sudah menggunakan perangkat 5G namun belum bisa mendapatkan layanan 5G XL Axiata ?

Saat ini layanan 5G XL Axiata masih tersedia di ruang lingkup terbatas yaitu pelanggan harus berada di area yang sudah memiliki jangkauan 5G XL Axiata dan menggunakan device yang mendukung 5G XL Axiata dan dipastikan kalau perangkat pengguna sudah di set 5G preferred. Selama pelanggan memenuhi kriteria tersebut maka pelanggan akan secara otomatis dapat merasakan layanan 5G XL Axiata. Anda dapat mengunjungi website https://www.xlaxiata.co.id/id/5g  untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai 5G XL Axiata. XL Axiata secara bertahap akan terus melakukan penambahan cakupan layanan 5G XL Axiata ke lebih banyak area dan terus bekerja sama dengan partner penyedia perangkat untuk menyediakan lebih banyak device pengguna yang mendukung layanan 5G XL Axiata.


18. Apakah ada paket internet atau tarif khusus untuk menikmati layanan 5G XL Axiata ?

Pelanggan dapat langsung merasakan layanan 5G XL Axiata. Axiata menggunakan semua produk XLCO (XL/Axis/Prioritas) sebesar 25GB selama 1 hari dengan RP.0 (nol) namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

  • Hanya pelanggan terpilih dan menggunakan device tertentu (lihat list 5G Device XL)
  • Klaim paket hanya dapat dilakukan di 13 XL Center terpilih yakni XLC Axiata Tower, XLC Martadinata Bandung, XLC Adi Sucipto Jogjakarta, XLC Pemuda Surabaya, XLC Diponegoro Medan, XLC Pettarani Makassar, XLC Ahmad Yani Banjarmasin, XLC Sunset Road Denpasar, XLC Palembang, XLC Pekanbaru, XLC Ciputra World Kuningan Jakarta, XLC Central Park Jakarta dan XLC Bintaro Xchange
  • Klaim paket akan mendapatkan bantuan dari XL Center
  • Masa aktif paket hanya 1 hari dan tidak ada perpanjangan otomatis

Masa aktif paket hanya 1 hari dan tidak ada perpanjangan otomatis


19. Di mana saya bisa mengaktifkan paket 5G XL Axiata ?

Saat ini hanya dapat dilakukan di 13 XL Center terpilih yakni XLC Axiata Tower, XLC Martadinata Bandung, XLC Adi Sucipto Jogjakarta, XLC Pemuda Surabaya, XLC Diponegoro Medan, XLC Pettarani Makassar, XLC Ahmad Yani Banjarmasin, XLC Sunset Road Denpasar, XLC Palembang, XLC Pekanbaru, XLC Ciputra World Kuningan Jakarta, XLC Central Park Jakarta dan XLC Bintaro Xchange


20. Kapan layanan 5G XL Axiata mulai tersedia ?

Layanan 5G XL Axiata dapat mulai tersedia di lokasi-lokasi tersebut di atas mulai tanggal 18 Agustus 2021.


Disclaimer
  1. Jaringan 5G saat ini belum tersedia bagi pelanggan untuk penggunaan komersil.
  2. Jaringan 5G bukan pengganti jaringan 4G melainkan jaringan baru, sehingga nantinya pelanggan dapat memilih jaringan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Informasi yang tersedia dalam halaman ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait teknologi 5G, sekaligus menyediakan informasi secara umum yang dapat diakses oleh pelanggan terkait 5G XL Axiata. Halaman ini menerangkan komitmen PT XL Axiata Tbk untuk #jadilebihbaik dalam perkembangan industri telekomunikasi.
  4. Untuk kepentingan edukasi 5G, data dan informasi yang tersedia dalam halaman ini mengacu pada data dan informasi global dimana penerapan jaringan 5G sudah atau sementara dijalankan. Untuk layanan 5G XL Axiata sendiri pengalaman pelanggan sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur pendukung di setiap area layanan (mengacu pada informasi yang tersedia di bagian FAQ) sehingga bisa berbeda dengan informasi global yang ada.
  5. Data dan informasi yang tersedia dalam halaman ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan persiapan jaringan 5G dan dalam rangka perbaikan yang berkelanjutan.
  6. PT XL Axiata Tbk tidak bertanggung jawab atas akibat dari penyalahgunaan seluruh atau sebagian konten data dan informasi yang ada di halaman ini oleh siapapun