Lompat ke isi utama
XLSMART Tandatangani Kesepakatan dengan Telkom: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Monetisasi Trafik
Share

BALI, 10 September 2025 – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatangani kesepakatan strategis di  rangkaian acara Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2025 minggu lalu. Penandatanganan dilakukan oleh Chief Enterprise Business Solution XLSMART, Feby Sallyanto dan General Manager Carrier Service and Other License Operator Telkom, Noor Mahmudah Moorcy . Melalui penandatanganan ini, kedua perusahaan sepakat memperkuat kerja sama di berbagai bidang untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus membuka peluang pertumbuhan bisnis baru.

 

Direktur & Chief Enterprise dan Strategic Relation Officer XLSMART, Andrijanto Muljono, mengatakan, “Melalui penandatanganan kesepakatan ini, XLSMART mempertegas komitmen untuk memperkuat sinergi dengan Telkom. Kerja sama ini tidak hanya menciptakan peluang bisnis baru, tetapi juga memastikan pengalaman layanan yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Bersama, kita mendukung pertumbuhan ekosistem digital nasional yang lebih inklusif dan berdaya saing.”

 

Kerja sama ini mencakup kesepakatan beberapa hal :

 

  • Transit Voice Call Center 188 via Telkom Meningkatkan kenyamanan dan kualitas pelanggan XLSMART untuk melakukan panggilan ke call center 188 (Telkomsel/IndiHome).
  • Eyeball Monetization: pemanfaatan basis pelanggan (eyeball) XLSMART untuk akses konten OTT yang dapat dimonetisasi oleh kedua pihak.
  • Voice Internasional: Meningkatkan kenyamanan dan kualitas panggilan pelanggan XLSMART dalam menggunakan kode internasional 007.

Dengan adanya kerja sama ini, manfaat dirasakan bagi kedua belah pihak baik pelanggan ataupun perusahaan. Pelanggan akan merasakan peningkatan kualitas layanan, terutama pada interkoneksi call center, akses konten yang beragam serta panggilan international yang optimal. Sementara bagi bisnis, kolaborasi ini menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan pendapatan, memperluas model bisnis digital, serta memperkuat posisi kedua perusahaan di industri telekomunikasi nasional, ujar Andrijanto.

 

Layanan hasil kerja sama ini sebagian besar telah dapat dinikmati pelanggan saat ini, dan kedua perusahaan juga membuka peluang untuk mengeksplorasi bentuk kolaborasi baru di masa mendatang, seiring dengan berkembangnya kebutuhan pelanggan dan dinamika industri telekomunikasi.

 

Di akhir kuartal kedua 2025 XLSMART mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 22% YoY menjadi Rp 10,5T, hal ini sekaligus memberikan ruang lebih luas bagi XLSMART untuk mengakselerasi kolaborasi dengan mitra industri strategis, salah satunya Telkom.

 

 

 

Tentang XLSMART

PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (“XLSMART” atau “IDX: EXCL”) adalah perusahaan telekomunikasi terpadu terbaru di Indonesia yang terbentuk dari penggabungan PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Mengusung semangat “innovation with heart”, XLSMART hadir memimpin era digital Indonesia dengan menghadirkan konektivitas yang inklusif, andal, dan siap menghadapi masa depan bagi lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

 

Dengan warisan keunggulan teknologi dan pelayanan pelanggan dari dua perusahaan besar, XLSMART menggabungkan keahlian XL Axiata dalam layanan seluler dan tetap sebagai bagian dari Axiata Group, serta inovasi Smartfren dalam layanan 4G, VoLTE, dan eSIM sebagai bagian dari Grup Sinar Mas.

 

Dengan tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas”, XLSMART berkomitmen untuk mendorong inklusi digital, mempercepat kemajuan nasional, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.xlsmart.co.id.

 

Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:

Reza Mirza

Group Head Corporate Communications & Sustainability XLSMART

Telp: +62 817-0007-110  

Email: [email protected]  

  • Aksi Perusahaan & Keuangan