Lompat ke isi utama
XLSMART Dukung Pengembangan Kreatifitas Generasi Muda dan UMKM melalui Teman Pintar Indonesia: Sinergi Kolaborasi untuk Tingkatkan Daya Saing di Era Digital
Share

Jakarta, 4 Juni 2025 – Dalam semangat mendukung transformasi digital dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), melalui program Teman Pintar Indonesia, kembali menggelar serangkaian kegiatan edukatif dan inspiratif di beberapa wilayah di Indonesia. Mengusung nilai kolaborasi lintas sektor, kegiatan ini melibatkan pelajar, mahasiswa, dan pelaku UMKM dengan beragam tema, mulai dari Content Creator Academy hingga pelatihan UMKM berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI).

 

Program ini merupakan inisiatif CSR unggulan dari XLSMART yang berfokus pada literasi digital, edukasi dan pendampingan komunitas, khususnya generasi muda dan pelaku usaha mikro. Dengan menggandeng pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha, hingga komunitas lokal, program ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya generasi kreatif dan UMKM yang tangguh di era ekonomi digital. Rangkaian kegiatan Teman Pintar Indonesia telah berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia, seperti di Kabupaten Bandung Barat, dan Garut, Jawa Barat. Kemudian di Boyolali dan Sragen, Jawa Tengah, hingga di Blitar dan Batu, Jawa Timur.

 

Direktur & Chief Regulatory Officer XLSMART, Merza Fachys, memberikan pandangan strategisnya terkait peran sinergi dalam mendukung ekosistem digital di Indonesia. “Pemberdayaan generasi muda dan UMKM melalui pelatihan seperti ini adalah langkah fundamental dalam mendukung ekosistem digital nasional. Kolaborasi yang terjalin antara pemerintah, swasta, akademisi, dan komunitas menjadi pilar penting dalam mempercepat transformasi digital yang inklusif”.

 

“Program ini tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menciptakan ekosistem belajar yang berkelanjutan. Keberhasilan ekonomi digital Indonesia bergantung pada kemampuan kita merangkul semua lapisan masyarakat. Inisiatif seperti Teman Pintar Indonesia menjadi teladan yang perlu diduplikasi di berbagai daerah,” tambah Merza Fachys lebih jauh.

 

Program Teman Pintar Indonesia dari XLSMART ini telah menyediakan rangkaian workshop yang akan berlangsung hingga Juni 2025. Untuk Content Creator Academy 2025, kegiatan digelar di 10 kota termasuk Blitar, Boyolali, Bandung Barat, Indramayu, Kabupaten Serang, Pringsewu, Kabupaten Malang, Kabupaten Gresik, Tegal, dan Banda Aceh. Sementara untuk UMKM Naik Kelas 2025, workshop menyambangi 10 kota meliputi Cilacap, Sragen, Kota Batu – Malang, Garut, Bandar Lampung, Majalengka, Yogyakarta, Tangerang Selatan, Pontianak, dan Makassar. Program ini juga menghadirkan kelas cerdas digital di Universitas Nasional Jakarta pada 13 Juni 2025 dan di SMA Insan Kamil Bogor pada 18 Juni 2025, guna memastikan semakin luasnya manfaat literasi digital yang dapat membuka peluang dan meningkatkan daya saing di era ekonomi digital.

 

Content Creator Academy: Menginspirasi Generasi Muda di Bandung Barat, Boyolali, hingga Blitar

 

Pada Sabtu, 31 Mei 2025, dua kota, yakni Boyolali dan Blitar menjadi saksi semangat generasi muda dalam mengeksplorasi dunia content creation. Bertajuk “Rahasia Sukses Jadi Content Creator Muda!”, kegiatan Content Creator Academy ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai sekolah menengah dan perguruan tinggi.

 

Di Boyolali Jateng, acara yang diadakan di Aula MTsN 1 Boyolali diikuti sekitar 50 peserta dari empat sekolah: MTsN 1 Boyolali, MTsN 9 Boyolali, SMPN 1 Andong, dan SMPN 2 Andong. Sementara di Blitar Jatim, kegiatan yang berlangsung di Taman Djajang Aliza, Sananwetan Blitar ini menyasar para pelajar SMP/SMA dan mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Blitar (UNISBA).

 

Head of Corporate Communications & CSR XLSMART yang juga menjadi pembina program ini, Dani Miftahul Akhyar, menyatakan bahwa Teman Pintar Indonesia hadir sebagai solusi nyata bagi generasi muda untuk memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan produktif.

 

“Program ini dirancang untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dasar dalam membuat konten kreatif yang edukatif, positif, dan relevan. Ini adalah langkah penting untuk mendukung kreativitas digital yang menjadi pilar penting pembangunan bangsa di era teknologi informasi,” ungkap Dani.

 

Kegiatan di Boyolali dibuka secara resmi oleh Camat Andong, Bambang Suratno, dan dihadiri oleh Kepala Madrasah MTsN 1 Boyolali, Arif Hanafi, serta Leader XLSMART Community Boyolali, Ardhiana Iffa Farida. Sementara itu, di Blitar, pembukaan acara dilakukan oleh Ketua XLSMART Community Blitar, Minto Santoso.

 

Turut hadir, perwakilan Indonesia Content Academy di Boyolali, Aimar Milanesta, praktisi konten creator dari Komunitas TDA Blitar, Maftuch Yudistira serta Yufi Susanto yang berbagi pengalaman praktis seputar strategi membangun personal branding, mengenal platform digital, hingga teknik pembuatan konten yang menarik.

 

Perwakilan UNISBA Blitar, Hesti Puspitasari, menilai bahwa inisiatif ini menjadi wujud nyata kepedulian XLSMART terhadap generasi muda. Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Literasi digital yang baik menjadi kunci agar generasi muda dapat memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif, ujarnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi, tiga peserta terbaik di Boyolali dan Blitar masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp3.000.000. Hal ini diharapkan menjadi motivasi agar generasi muda semakin semangat berkarya secara positif di era digital.

 

Pada Senin, (2/6), kegiatan serupa juga digelar di Pendopo Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati hari jadi Kabupaten Bandung Barat ke-18. Dengan tema “Dari Ide ke Aksi Ngonten”, para peserta dibekali keterampilan membuat konten kreatif yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi daerah melalui media sosial.

 

Kegiatan di Bandung Barat juga melibatkan berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo, serta Camat Cikalong Wetan, Dadang A. Sapardan. Selain pelatihan pembuatan konten oleh Candra Kirana (Cankir), peserta juga diperkenalkan dengan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dari Smartfren, yang akan mendukung pengalaman pembuatan konten dengan kualitas internet yang lebih baik.

 

Rangkaian kegiatan ini akan berlanjut pada 16 Juni 2025 dengan materi lanjutan tentang strategi distribusi konten dan personal branding di dunia digital.

 

Teman UMKM: Dorong UMKM di Garut, Sragen, hingga Batu Naik Kelas Lewat AI dan Digitalisasi

 

Selain fokus pada generasi muda, XLSMART juga memberikan perhatian khusus pada pemberdayaan UMKM. Melalui program Teman UMKM Naik Kelas, XLSMART Community di Sragen dan Kota Batu menyelenggarakan pelatihan praktis tentang branding dan pembuatan konten berbasis teknologi AI.

 

Di Sragen, pelatihan ini berlangsung pada Sabtu, 31 Mei 2025, di Aula Gedung SIKK. Wakil Bupati Sragen, H. Suroto hadir membuka acara ini secara langsung, dan memberikan apresiasi atas konsistensi XLSMART dalam mendukung UMKM.

 

“Program Teman UMKM adalah contoh nyata kolaborasi antara pemerintah daerah, swasta, dan komunitas. Kami berharap pelaku UMKM Sragen dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan daya saing,” kata H. Suroto.

 

Dani Miftahul Akhyar kembali menekankan bahwa sinergi lintas sektor adalah kunci dalam mendorong UMKM untuk naik kelas.

 

Pelatihan di Sragen menghadirkan seorang profesional digital marketing, Nariswari Setya Dewi, S.Si, yang memaparkan cara praktis memanfaatkan AI seperti ChatGPT untuk mempercepat proses pembuatan konten. Leader XLSMART Community Sragen sekaligus pemilik UMKM DuCrija Snack, Anik Purwanti, menjelaskan harapannya agar pelaku UMKM semakin melek teknologi.

 

Sementara itu, di Kota Batu sendiri, pelatihan serupa juga diselenggarakan pada Sabtu, (31/5), yang dihadiri sekitar 50 UMKM dari berbagai sektor di Batu dan Malang Raya. Kegiatan ini akan berlanjut hingga Juni 2025 dalam bentuk pendampingan intensif.

 

Turut hadir pada kegiatan ini, sejumlah praktisi handal yang berbagi ilmu kepada para peserta seperti, Kepala PLUT KUMKM Kota Batu, Yossi Hendrawan Saraswanto, Digital Strategist, Selamet Hariadi, yang memaparkan strategi branding dan marketing yang tepat sasaran, serta Leader Smartfren Community Kota Batu, Endrita Agung Wicaksono, yang menekankan pentingnya purpose branding. Turut hadir juga perwakilan Smartfren, Andy Anggoro yang memperkenalkan berbagai solusi digital yang relevan bagi UMKM.

 

Melalui keempat kegiatan yang diselenggarakan di Boyolali, Blitar, Sragen, dan Batu, XLSMART menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dengan semangat inklusi, literasi digital, dan kolaborasi lintas sektor, program Teman Pintar Indonesia diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan UMKM agar siap menghadapi tantangan era digital.

 

Selain di dua kota tersebut, pelatihan serupa juga turut digelar di Garut, Jabar, pada (2/6) di Citi Mall Kota Garut. Mengusung tema “Membangun Brand Story Lewat Journaling”, kegiatan ini menghadirkan pakar journaling, Rina Faridah. Melalui pelatihan ini, para pelaku UMKM di Garut mendapatkan wawasan tentang teknik journaling untuk meningkatkan kualitas brand story produk mereka agar mampu bersaing dan berkembang lebih luas.

 

Dalam kegiatan di Garut, hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, yang memberikan apresiasi terhadap program Teman UMKM Naik Kelas. Ia berharap agar kegiatan ini terus berkelanjutan dan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Garut. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Paguyuban UMKM Garut, Leni Gunaya, yang menilai kegiatan journaling ini mampu membuka wawasan baru bagi para pelaku UMKM. Workshop ini akan dilanjutkan dengan kompetisi UMKM dan pembuatan konten video pada tanggal 9 Juni 2025.

  • Keberlanjutan & Tanggung Jawab Sosial