Lompat ke isi utama
Buat Mahasiswa Padang dan Bandung XLFL Beri Tips Hadapi Dunia Kerja
Share

Padang, 17 Mei 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program XL Axiata Future Leaders (XLFL), memberikan pembekalan berupa workshop kepada para mahasiswa mengenai bagaimana mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Workshop dilaksanakan di Padang dan Bandung. Materi pembekalan tentang Professional Communication untuk mendapatkan pekerjaan yang disampaikan oleh Head of Talent Acquisition XL Axiata, Aztia Pertiwi Damukuto dan Tim XLFL.

 

Di Padang, bekerja sama dengan Universitas Andalas (Unand), workshop bertema “Find The Right Opportunity’ berlangsung pada Rabu (17/5), dengan peserta sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. XL Axiata juga berbagi pengetahuan tentang bagaimana sistem rekrumen di XL Axiata dan dunia industri secara umum. Dengan pengetahuan ini, para peserta bisa mengetahui bagaimana perusahaan-perusahaan swasta melakukan rekrumen karyawan, dan apa yang musti disiapkan oleh peserta rekrutmen agar bisa lolos. Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Mansyurdin, MS.

 

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, ”Melalui program XLFL, XL Axiata berusaha untuk turun langsung dengan membagikan pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja dengan bekal yang cukup, sehingga memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan dan juga membangun karir dalam dunia kerja tersebut. Kami berharap ke depan, alumni Unand bisa sukses dan menjadi pemimpin yang membanggakan kita semua.”

 

Desy menambahkan, XL Axiata sangat mengapresiasi pihak UNAND yang memberikan kesempatan kepada XL Axiata melalui program XLFL yang bekerjasama dengan Pusat Karir Universitas Andalas untuk memberikan pembekalan ini. Sebagian mahasiswa UNAND juga menjadi peserta atau pernah mendapatkan beasiswa program XLFL. Tercatat setidaknya ada 30 mahasiwa UNAND yang mengikuti program XLFL dan saat ini sudah bekerja di berbagai perusahaan.

 

Sementara itu di Bandung, workshop oleh elearn.id bekerja sama dengan TedXITB, mengambil tema Take Action: How to Step Out of Your Comfort Zone”. Acara yang berlangsung di Ruang Seminar Labtek 3, Sabtu (20/05). Event TedXITB 6.0 bertujuan mengajak lebih banyak anak muda untuk berani mewujudkan ide serta inovasi yang mereka miliki.

 

Materi pembekalan di Padang dan Bandung mengangkat perlunya Professional Communication untuk dapat bersaing di dunia kerja. Professional Communication tidak hanya digunakan saat sudah bekerja, namun juga dalam proses mencari pekerjaan juga. Professional Communication memerlukan trik sendiri untuk bisa meyakinkan perusahaan saat melamar sebuah pekerjaan, khususnya untuk para mahasiswa yang akan wisuda dan akan mencari pekerjaan.

 

Pembekalan ini berguna bagi mahasiswa yang akan wisuda untuk melamar di berbagai pekerjaan. Professional Communication yang baik diperlukan untuk berbicara secara tepat dengan berbagai karakter orang, mendengarkan secara efektif, mengemukakan ide-ide dengan tepat dan jelas, dan banyak hal lainnya. Materi-materi yang disampaikan dalam pembekalan tersebut juga telah berhasil diterapkan oleh para mahasiswa alumni program XLFL dari berbagai universitas di Indonesia. Mereka saat ini telah meniti karir di banyak institusi, termasuk lembaga pemerintahan dan perusahaan-perusahaan besar, di dalam dan luar negeri.

 

 

Edukasi XLFL melalui platform elearn.id 

 

Mahasiswa Indonesia juga bisa mengakses program edukasi XLFL melalui platform elearn.id secara gratis.  Berbagai materi peningkatan softskill tersedia di platform ini, yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian mahasiswa yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Materi-materi tersebut tidak banyak diajarkan di kampus atau pendidikan formal. Melalui platform ini, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai kursus tentang leadership, soft skills dan persiapan karir.

 

Sementara itu, elearn.id dari XL Axiata merupakan platform belajar digital yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 sebagai wujud komitmen berkelanjutan dari XL Axiata untuk bangsa. Tujuannya untuk membangun kompetensi dan daya saing generasi muda Indonesia melalui pengembangan keterampilan nonteknis.

 

Melalui platform ini, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dalam membantu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Lebih jauh, bisa mempertajam kemampuan kepemimpinan yang sangat diperlukan oleh peserta yang tengah menyiapkan diri memasuki dunia profesional.

 

Masyarakat khususnya mahasiswa Indonesia bisa mengakses beragam program edukasi melalui platform elearn.id secara gratis.  Berbagai materi peningkatan softskill tersedia di platform ini, yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian mahasiswa yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Materi-materi tersebut tidak banyak diajarkan di kampus atau pendidikan formal. Melalui platform ini, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai kursus tentang leadership, soft skills dan persiapan karir.

 

Untuk bisa mengakses materi di platform digital ini, mahasiswa atau masyarakat Indonesia bisa masuk ke http://elearn.id/. Program elearn.id disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda Indonesia, di mana materi pembelajaran difokuskan pada keahlian yang bisa mendukung mereka mempersiapkan diri memasuki dunia profesional era digital. Website elearn.id dapat diakses menggunakan smartphone, maupun laptop atau PC, kapan saja dan di mana saja.

  • Keberlanjutan & Tanggung Jawab Sosial