Lompat ke isi utama
Dukung Kesiapan Bersaing XLFL Beri Tips Hadapi Dunia Kerja Untuk Mahasiswa Bali
Share

Denpasar, 2 Juli 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program XL Axiata Future Leaders (XLFL), menggelar workshop bagi mahasiswa Bali  mengenai bagaimana mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Workshop dilaksanakan di Denpasar dengan materi pembekalan tentang Corporate Culture and How We Can Prepare for It yang disampaikan oleh XLFL Program Leader, Dwi Kartika Sari bersama tim XLFL. Dikesempatan ini juga Human Capital (HC) turut berpartisipasi dengan membawakan materi Find The Right Opportunities yang disampaikan oleh Senior Talent Acquisition XL Axiata, Yosepha Sistine. Ini bertujuan agar para mahasiswa memiliki basic knowledge & better preparation sebelum memasuki dunia kerja / profesional. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu (25/6) yang lalu.



Pelaksanaan workshop bekerja sama dengan Career Development Centre Universitas Udayana (UNUD) dan BEM UNUD, mengambil tema “Ready For Work, Unlock Opportunity For A Bright Future Career".  Jumlah peserta tidak kurang dari 500 mahasiswa dari berbagai fakultas, dan berbagai kampus di Bali hadir pada kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24 hingga 25 Juni 2023. Pada acara ini,  XL Axiata juga berbagi pengetahuan tentang bagaimana sistem rekrutmen di XL Axiata dan dunia industri secara umum.



Dengan pengetahuan tersebut, para peserta bisa mengetahui bagaimana perusahaan-perusahaan swasta melakukan rekrutmen karyawan, dan apa yang harus disiapkan oleh peserta rekrutmen agar bisa lolos. Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. I Gede Ray Maya Temaja, M.P., IPU.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, ”Melalui program XLFL, XL Axiata berusaha membagikan pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja dengan bekal yang cukup, yang selalu dibutuhkan mahasiswa yang telah lulus dan siap masuk dunia kerja. Kami berharap workshop ini bisa memudahkan para peserta dalam mendapatkan pekerjaan dan juga membangun karir.”



Dodik menambahkan, XL Axiata sangat mengapresiasi pihak UNUD yang memberikan kesempatan kepada XL Axiata dan XLFL untuk berbagi pengetahuan melalui pembekalan ini. Sebagian mahasiswa UNUD juga menjadi peserta atau pernah mendapatkan beasiswa program XLFL. Tercatat setidaknya ada 15 mahasiwa UNUD yang mengikuti program XLFL dan saat ini sudah bekerja di berbagai perusahaan disamping yang masih berada di dalam program XLFL.



Dalam acara yang sama, tim Human Capital XL Axiata juga berbagi informasi tentang profil perusahaan, rekrutmen, program XStar, dan XLKM. Human Capital XL Axiata juga menyediakan booth untuk memberikan informasi terkait dan menjawab pertanyaan dari para pencari kerja dan mahasiswa yang menghadiri acara ini.



Masyarakat, khususnya mahasiswa Indonesia juga bisa mengakses program edukasi XLFL melalui platform elearn.id secara gratis. Berbagai materi peningkatan soft skills tersedia di platform ini, yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keahlian mahasiswa yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Materi-materi tersebut tidak banyak diajarkan di kampus atau pendidikan formal. Melalui platform ini, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai kursus tentang leadership, soft skills dan persiapan karir.



Sementara itu, elearn.id dari XL Axiata merupakan platform belajar digital yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 sebagai wujud komitmen berkelanjutan dari XL Axiata untuk bangsa. Tujuannya untuk membangun kompetensi dan daya saing generasi muda Indonesia melalui pengembangan keterampilan non teknis.



Melalui platform ini, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dalam membantu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Lebih jauh, bisa mempertajam kemampuan kepemimpinan yang sangat diperlukan oleh peserta yang tengah menyiapkan diri memasuki dunia profesional.



Untuk bisa mengakses materi di platform digital ini, mahasiswa atau masyarakat Indonesia bisa masuk ke http://elearn.id/. Program elearn.id disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda Indonesia, di mana materi pembelajaran difokuskan pada keahlian yang bisa mendukung mereka mempersiapkan diri memasuki dunia profesional era digital. Website elearn.id dapat diakses menggunakan smartphone, maupun laptop atau PC, kapan saja dan di mana saja.
 

  • Regional