Lompat ke isi utama
Luncurkan Budi Daya Gurami di Bantul Karyawan XL Axiata Bantu Ekonomi Warga
Share

Bantul, 10 Desember 2022Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang tergabung dalam Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) meluncurkan program budidaya “SmartFarm Ikan Gurami”. Bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (LAZNAS IZI) Yogyakarta, program ini menyasar kelompok masyarakat pembudidaya Gurami di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peresmian dilaksanakan secara langsung di Dusun Kergan, Kelurahan Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Sabtu (28/11).

 

Group Head People Development XL Axiata, Nashrudin Ismail, mengatakan, “Budidaya ikan gurami ini menjadi salah satu pemenang dari program Hackathon yang diadakan oleh MTXL. Budidaya ini juga memiliki nilai tambah membangun potensi wisata di Bantul. Karena itu, budidaya ikan gurami ini masih sangat besar potensinya untuk dikembangkan. Kami melihat budidaya ikan gurami sendiri relatif mudah untuk diterapkan di berbagai lapisan komunitas masyarakat. Sangat cocok diaplikasikan di pedesaan.”

 

Program pemberdayaan zakat ini melibatkan sepuluh orang penerima manfaat yang dibimbing langsung oleh satu orang penyuluh perikanan berpengalaman. Penerima manfaat mayoritas merupakan keluarga pra-sejahtera dengan penghasilan yang tidak menentu setiap harinya. Para penerima manfaat merupakan para pekerja buruh kasar dan serabutan, sehingga mereka masih memiliki kekurangan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

 

Para penerima manfaat diberikan bibit ikan gurami sebanyak 3.000 ekor, yang disebar ke dalam 20 kolam. Selain itu, mereka pun diberikan pelatihan selama satu tahun oleh para ahli, yang berpengalaman di bidang budidaya ikan, beserta fasilitas untuk menunjang proses budidayanya.

 

Bibit ikan gurami yang telah diberikan kemudian dibudidaya dalam ukuran yang masih kecil untuk kemudian dibesarkan dalam beberapa bulan ke depan sampai siap untuk dikonsumsi. Hasilnya kemudian dijual, untuk digunakan kembali pada proses pengadaan bibit selanjutnya. 

 

“Harapan karyawan pemberi bantuan, dengan adanya program ini kehidupan para penerima manfaat menjadi lebih baik lagi, dan tentunya lebih mapan secara ekonomi. MTXL pun berharap, dengan adanya bantuan ini, produksi ikan gurami di Dusun Kergan bisa lebih meningkat dan ke depannya dapat diaplikasikan lebih banyak dusun”, jelas Nashrudin lebih jauh.

 

Sementara itu, perwakilan penerima manfaat, yang sekaligus Panewu Kapanewon Kretek, Pemerintah Kabupaten Bantul, Cahya Widada, menyampaikan rasa terima kasih atas peresmian program bantuan ini di dusunnya. Salah satu mata pencaharian mayoritas masyarakat di dusun ini adalah membudidayakan ikan gurami. Bahkan, dusun ini telah ditetapkan sebagai desa wisata Gurami.

 

“Penduduk semakin semangat mengembangkan budidaya ikan gurami dengan hadirnya bantuan ini. Kami berharap, ke depannya, desa kami dapat semakin berkembang, khususnya pada proses pengembangan usaha budidaya ikan gurami ini”, jelas Cahya lebih jauh.

  • Regional