Lompat ke isi utama
Terus Dukung Desa Digital XL Axiata Donasi Laptop ke Ponpes di Karawang
Share

Jakarta, 14 April 2022. Manajemen PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mendonasikan laptop untuk dibagikan kepada pondok pesantren di Karawang, Jawa Barat. Donasi dilakukan dalam rangka Program Desa Digital guna mendorong digitalisasi, termasuk peningkatan literasi digital, di kalangan masyarakat desa. Pondok pesantren yang terpilih sebagai penerima donasi diharapkan akan menjadi motor penggerak digitalisasi di pedesaan. Selain itu, dalam rangka melaksanakan aksi sosial bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan, XL Axiata juga membagikan ratusan paket sembako kepada Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Muqqodam, Karawang, Jawa Barat. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini bersama Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti dan Group Head Customer Value & Experience Management, Mohamed Moharram menyerahkan donasi laptop secara simbolis di Jakarta, Rabu (13/4).

 

Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, “Infrastruktur jaringan data 4G XL Axiata terus meluas di seluruh Indonesia, yang sebagian di antaranya juga menjangkau area pedesaan. Seiring dengan hal itu, kami  berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren. Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan.”

 

Menurut Sofia, pondok pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi yang semakin masif di berbagai bidang, termasuk di sektor ekonomi dan sosial, serta area layanan publik. Literasi digital yang terus meningkat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, antara lain agar dapat memanfaatkannya guna meningkatkan produktifitas, serta akses ke layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, sosial. Donasi laptop dan sarana akses internet XL Axiata disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa sebagai bagian dari keseriusan XL Axiata dalam ikut menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital.

 

Pondok pesantren yang menerima donasi laptop adalah Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Muqqodam. Ponpes yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini berlokasi di Dusun Krajan II RT 04/02, Desa Telukambulu, Kec. Batujaya, Kab. Karawang, Jawa Barat. Sedikitnya ada sekitar 110 orang santri yang belajar di pondok pesantren yang dikelola oleh H. Haykal Ridha, sebagai ketua yayasan di pondok pesantren ini. Salah satu program pemberdayaan masyarakat desa yang dijalankan di pesantren ini adalah kerjasama dalam bidang baitul maal muamalat sebagai sarana amil zakat yang melibatkan warga sekitar pondok, serta rutin melakukan kajian islam dengan para wali santri maupun warga sekitar setiap hari yakni pukul 16.00 - 17.00 WIB.

 

Selain laptop, kepada para penerima donasi, XL Axiata juga memberikan router dan sarana akses internet gratis sebesar 20GB setiap bulannya selama satu tahun. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital, antara lain cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif. Tahun lalu, dalam penyaluran donasi ini, XL Axiata bekerja sama dengan Benihbaik.com. 

 

Secara nasional, XL Axiata juga telah menyalurkan donasi sebanyak lebih dari 50 unit laptop kepada belasan pondok pesantren di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Gorontalo, hingga Nusa Tenggara Barat. Tidak berhenti sampai di sini, setelah Ramadan donasi laptop ke pesantren akan tetap dilanjutkan ke pesantren lainnya yang juga tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi. 

 

Program peningkatan literasi digital yang telah XL Axiata laksanakan untuk masyarakat pedesaan antara lain berupa implementasi aplikasi Laut Nusantara kepada masyarakat nelayan di berbagai provinsi. Selain itu, melalui program Sisternet, juga telah terlaksana berbagai pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat desa di titik-titik lokasi jaringan USO dan desa-desa nelayan. Literasi digital juga diberikan kepada para perempuan pengelola UMKM. Sementara itu, melalui Gerakan Donasi Kuota, XL Axiata memberikan fasilitas akses internet dan data bagi komunitas-komunitas masyarakat desa yang membutuhkan dukungan untuk meningkatkan produktivitas.

 

 

Donasi Paket Sembako

 

Bertepatan kegiatan Safari Ramadan oleh manajemen dan karyawan XL Axiata, sebanyak 500 paket sembako disalurkan kepada Pondok Pesantren di beberapa kota di Indonesia. Khusus Karawang, Jawa Barat membagikan 125 paket. Penyaluran paket sembako  ini menjadi bagian dari upaya silaturahmi yang terus dijalin oleh XL Axiata dengan masyarakat Karawang, Jawa Barat pada umumnya. 

 

“Bagaimana pun juga, kami telah menjadi bagian dari masyarakat Karawang sejak sekitar 20 tahun lalu. Untuk itu silaturahmi perlu kami jaga terus, baik dalam wujud memberikan layanan telekomunikasi dan data terbaik, juga melalui program-program sosial seperti ini. Kami berharap akan terus bisa memberikan dukungan kepada Karawang melalui berbagai kesempatan sesuai dengan bidang keahlian kami, termasuk peningkatan literasi digital masyarakat hingga ke pelosok pedesaan,” tambah Sofia.

 

Saat ini di seluruh Karawang, XL Axiata mengoperasikan infrastruktur jaringan berupa total lebih dari 1.400 BTS,  termasuk lebih dari 700 BTS 4G. Sementara itu di wilayah Jawa Barat, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 31.000 BTS, termasuk lebih dari 15.000 BTS 4G.

  • Keberlanjutan & Tanggung Jawab Sosial