Lompat ke isi utama
Pesan Direksi
Share

Keselamatan seluruh karyawan dan keberlangsungan bisnis perusahaan menjadi prioritas PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di dalam situasi dan kondisi saat ini terkait merebaknya wabah Covid-19. Jauh sebelum persoalan ini muncul, manajemen XL Axiata telah menanamkan kepada seluruh karyawan mengenai pemahaman atas berbagai bentuk ancaman yang bisa terjadi sewaktu-waktu, termasuk bencana alam dan serangan wabah seperti yang saat ini terjadi. Seluruh karyawan wajib mengikuti sesi edukasi yang berisi puluhan materi mengenai jenis-jenis bencana dan karakteristiknya, serta bagaimana cara menghindari, sekaligus menyelamatkan diri serta menjamin kelangsungan bisnis perusahaan. Sesi edukasi ini kemudian ditutup dengan semacam tes yang menguji sejauhmana pemahaman karyawan, lengkap dengan nilai minimal yang harus dicapai.

Kini, lebih dari dua pekan sudah PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalankan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH), selaras dengan anjuran pemerintah untuk beraktfitas bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Kebijakan ini merupakan salah satu implementasi protokol keselamatan standar yang juga dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna memutus penyebaran virus Covid-19. Jadi WFH diterapkan demi keselamatan karyawan dan sekaligus orang-orang di sekitarnya. Selain itu, WFH juga memungkinkan karyawan tetap menjalankan tugas pekerjaannya masing-masing dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang disediakan oleh perusahaan.

Segala fasilitas teknologi yang saat ini mampu diimplementasikan untuk mendukung WFH juga telah dipersiapkan oleh perusahaan sejak jauh-jauh hari. Menyesuaikan diri dengan budaya kerja era digital, manajemen XL Axiata telah memandang perlu setiap karyawan mampu bekerja secara mobile. Lebih dari tiga tahun terakhir, fasilitas kerja di kantor XL Axiata dirancang untuk bekerja secara mobile, termasuk bekerja dari luar kantor, kapan pun dan di mana pun. Karena itu, WFH menjadi momentum bagi seluruh karyawan dan manajemen untuk membuktikan bahwa mereka tetap mampu menjalankan tugas-tugasnya secara maksimal.

Situasi yang kondisi yang saat ini terjadi menjadi tantangan bagi setiap bidang usaha. Begitu juga bagi XL Axiata yang memiliki lebih dari 56 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Apalagi XL Axiata merupakan penyedia layanan telekomunikasi dan data/internet. Ketika bekerja dan belajar dari rumah diterapkan semakin luas di seluruh Indonesia, maka semakin meningkat pula kebutuhan atas koneksi data dan internet yang didukung dengan Jaringan Internet Stabil. Hingga sepekan pertama terhitung mulai 15-22 Maret 2020 lalu, trafik layanan data meningkat hingga 15% lebih tinggi dari trafik rata-rata di hari normal. Hal ini menjadi warning bagi perusahaan untuk memastikan kapasitas jaringan mampu melayani kebutuhan pelanggan yang kemungkinan akan terus meningkat.

Memasuki bulan April 2020 ini, pemerintah sudah menetapkan perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19 selama dua pekan ke depan. Banyak kota mulai menetapkan isolasi mandiri daerahnya. Berarti pula semakin banyak orang membutuhkan akses internet. XL Axiata memandang meningkatnya kebutuhan koneksi internet oleh masyarakat saat ini sebagai momentum untuk memberikan layanan yang maksimal. Kepercayaan pelanggan harus dibayar sepadan, apalagi mereka sedang sangat membutuhkannya. Layanan kepada pelanggan tetap menjadi prioritas.

Berbagai inisitif saat ini sudah dilakukan di internal XL Axiata. Inisiatif tersebut antara lain bagaimana melayani pelanggan tanpa tatap muka, seperti yang biasanya dilakukan di XL Center, termasuk melakukan layanan antar produk ke alamat pelanggan. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan layanan atau produk XL Axiata.

Bukan hanya sekedar memanfaatkan peluang usaha, namun lebih dari itu adalah semangat bagaimana bisa membantu pelanggan dan masyarakat melalui layanan yang ada. Sebagian inisiatif telah terimplementasi, antara lain kampanye edukasi kepada masyarakat dengan tema #DiRumahLebihBaik, yang dibarengi dengan penawaran program gratis 2GB/hari untuk mengakses sejumlah aplikasi yang bisa membantu bekerja dan belajar dari rumah, gratis akses ke sumber informasi resmi pemerintah mengenai penanganan Covid-19 dan saluran kuliah dari di puluhan kampus. Selain itu juga ada gratis fasilitas komunikasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bersama pelaku industri telekomunikasi lainnya, XL Axiata juga telah berkomitmen untuk mendukung pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Infromatika dalam sejumlah kebijakan strategis terkait mitigasi Covid-19.

Melalui berbagai aktivitas bisnis yang tetap terjaga dan juga berbagai program dukungan kepada pemerintah dan masyarakat dalam menangani Covid-19, XL Axiata berusaha meyakinkan semua pemanggu kepentingan bahwa keberlangsungan bisnis perusahaan tetap terjaga dengan baik. Seluruh karyawan dan keluarganya hingga saat ini dalam kondisi baik dan terhindar dari Covid-19. Demikian juga dengan setiap bisnis unit tetap berjalan normal, termasuk terutama layanan kepada pelanggan. Bahkan, manajemen mendorong setiap bisnis unit untuk mampu menciptakan ide dan inisiatif baru yang bisa menjadi solusi atas persoalan yang ada, termasuk kemungkinan untuk dikembang lebih lanjut sebagai produk atau layanan inovatif baru.

Akhir kata, dengan semua daya dan upaya yang telah dilakukan saat ini dan ke depan, manajemen XL Axiata yakin sepenuhnya perusahaan akan mampu melewati kondisi yang tidak ringan ini. Mari bersama kita jaga dan rawat rumah kita, Indonesia. Tetap optimis.!

 

Dian Siswarini

Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk      

  • Aksi Perusahaan & Keuangan