Lompat ke isi utama
Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Jawa Barat
Share
XL Axiata telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Ada kemungkinan terjadi lonjakan trafik selama perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh yang lebih tinggi dari tahun lalu, mengingat pemerintah sudah mencabut kebijakan pembatasan terkait pandemi.

Bandung, 20 Januari 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh wilayah Jawa Barat siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berlangsung tidak lama lagi. XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 3% dibanding hari normal. Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, yaitu wilayah Bandung, Cirebon, Cimahi, dan Tasikmalaya.

 

Pj Group Head XL Axiata untuk area Central Region, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, “Tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan. Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Bandung, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai.”  

 

Menurut Arif, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) tidak begitu besar.  Layanan streaming pun secara umum diprediksi mengalami peningkatan trafik. Selain itu, layanan seperti video call, web browsing, dan instant messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

 

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian, seperti antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan 15-unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi.

 

Jaringan data berkualitas XL Axiata di Jawa Barat ditopang oleh lebih dari 27 ribu BTS, termasuk lebih dari 17 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan yang lebih besar dari hari normal. Layanan di Bandung Raya ditopang oleh lebih dari 3.300 BTS 4G untuk mengcover titik-titik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

 

Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan layanan selama perayaan Imlek, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Pelanggan bisa menghubungi petugas call center selama 24 jam, melalui 817, 818 dan 838 serta channel layanan berbasis digital yaitu @myXLCare untuk twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email [email protected].  Untuk pelanggan kartu axis juga bisa melalui @ask_AXIS untuk twitter, live chat di www.axis.co.id dan email [email protected].

  • Regional