Lompat ke isi utama
Aksi Sosial Karyawan XL Axiata Dirikan Depo Air Isi Ulang dan Bedah Rumah di Jawa Timur
Share
Manajemen ingin menciptakan budaya karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain donasi dana, keterlibatan karyawan ini juga berupa secara sukarela mengerahkan tenaga dan waktu dalam aksi sosial. serta mengajarkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki kepada komunitas-komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Tuban, 5 November 2021. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) merampungkan sekaligus meresmikan program yang diinisiasi oleh Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yaitu bedah rumah di Kabupaten Tuban dan depo air isi ulang di Kabupaten Pamekasan.  Peresmian dua program ini termasuk dalam program “XL Axiata Baik” sebagai bagian perayaan HUT ke-25 perusahaan. Selain itu, XL Axiata juga memberikan donasi router, akses internet gratis selama satu tahun dan donasi laptop/gadget layak pakai kepada Pondok Pesantren sekaligus memberikan pembelajaran literasi digital kepada para santri,  sebagai bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital

 

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan,”Kami sebagai bagian keluarga besar XL Axiata sangat bersyukur dengan telah selesainya renovasi bedah rumah di Kabupaten Tuban dan depo air isi ulang di Kabupaten Pamekasan. Program donasi dan pembukaan lapangan kerja bagi yang membutuhkan telah dilakukan ataupun akan dilakukan kedepannya merupakan komitmen XL Axiata untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat yang berkelanjutan melalui Program XL Axiata Baik. Tidak lupa saya juga menyampaikan terima kasih banyak atas kerja keras dan kerja ikhlas dari berbagai pihak sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik dan semoga bisa menjadi manfaat bagi para penerima bantuan.”

 

Dodik Ariyanto menambahkan, manajemen XL Axiata mencoba menggalang dana dari karyawan untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan. Keterlibatan karyawan dalam kedua program ini secara sukarela mengerahkan tenaga dan waktu dalam aksi sosial.  serta mengajarkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki kepada komunitas-komunitas masyarakat yang membutuhkan

 

Program bedah rumah ini berlokasi di Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebuah rumah berukuran 7,5 meter x 5 meter yang dihuni seorang lansia yang sudah kurang layak huni dipugar dan dibangun lagi menjadi layak huni serta dilengkapi peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, lemari, kursi dan kompor. Selain membangun kembali rumah tersebut, MTXL Axiata juga memberikan donasi 100 paket sembako kepada warga dhuafa sekitar bedah rumah. Penyaluran donasi paket sembako berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat agar penerima bantuan merupakan orang-orang yang memang membutuhkan. 

 

Kepala Desa Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Yudi mengatakan “Kami sangat berterima kasih kepada XL Axiata atas bantuan yang diberikan kepada salah satu warga kami.  Semoga dengan adanya program renovasi rumah ini dapat memberikan kebahagiaan bagi keluarga penerima yaitu pak Sadah dan juga masyarakat di sekitarnya yang selama ini juga ikut bergotong royong membantu menyediakan kebutuhan sehari-hari ibu Suwemi.

 

Pak Sadah sebagai pemilik lahan dan rumah yang direnovasi juga sangat bersyukur karena adanya bantuan dari XL Axiata, karena bisa membantu menyediakan rumah layak huni bagi ibu Suwemi.  Semoga kegiatan-kegiatan yang baik seperti ini dapat diberikan kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

 

Aksi sosial lain yang dilaksanakan di Kabupaten Tuban adalah kegiatan karyawan mengajar bagi para santri, donasi router, akses internet gratis selama satu tahun dan donasi laptop/gadget layak pakai dari karyawan kepada Pondok Pesantren Daarun Najaa di Desa Sukolilo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.

 

Selain itu, XL Axiata juga meresmikan depot air isi ulang di Desa Bandungan, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, sehingga membantu membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar di Madura. Pada saat acara peresmian XL Axiata memberikan promo kepada masyarakat sekitar berupa potongan harga selama 3 bulan pertama. Dana pembangunan renovasi bedah rumah, depot air isi ulang dan paket sembako ini sepenuhnya berasal dari dana Zakat, Infaq dan Sedekah karyawan XL Axiata yang dikelola oleh Majelis Taklim XL Axiata.  Dalam penyaluran kedua program ini, MTXL Axiata bekerjasama dengan Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

 

Beberapa aktivitas CSR dalam XL Axiata Baik lain yang dilakukan karyawan selama tahun 2021, seperti donor darah konvalesen untuk penyitas Covid-19, relawan pada Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, dan RSUP H  Adam Malik, Medan. Selain itu juga edukasi dan donasi ke yayasan edukasi/non profit di berbagai daerah.

 

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 122 BTS 4G di area Kabupaten Tuban dan saat ini sudah mencapai sekitar 88 desa.  Untuk area Jawa Timur ditopang lebih dari 19 ribu BTS, termasuk lebih dari 8 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

  • Keberlanjutan & Tanggung Jawab Sosial